Asal bunyi, bau, serta lama nya Buang angin atau Kentut


Kentut Berapi

Kentut Berapi

Kentut merupakan kata yang cukup tabu untuk dikatakan oleh sebagian kelompok atau orang. A kentut dengan bahasa halus nya buang angin ini sering dijadikan tindakan yang tidak terpuji. biasa nya, setiap buang angin, pasti besar suara dan bau nya berbeda-beda. nah, kali ini kita akan membahas tentang Bau dari Buang angin yang berbeda-beda ini.

Gas dari kentut berasal dari pencernaan yang bersumber dari berbagai macam bahan yang bisa berasal dari udara yang masuk kedalam tubuh, atau mungkin gas yang dihasilkan dari reaksi kimia dalam usus atau bisa juga gas yang masuk kedalam tubuh merupakan gas oksigen yang masuk melalui udara. Pada saat udara masuk ke usus besar, sebagian besar yang tertinggal adalah nitrogen. Reaksi kimia antara asam perut dan cairan menghasilkan karbondioksida, yang juga merupakan komponen dari udara dan merupakan prouk dari aktivitas bakteri. Sementara, bakteri juga menghasilkan hidrogen dan metan.

Selain itu, makanan yang dimakan, bakteri apa yang hidup didalam usus, serta berapa lama manusia menahan buang angin juga menentukan ketajaman dari gas yang tercipta didalam tubuh. Semakin lama buang angin ditahan, maka kandungan nitrogen akan semakin tinggi. Sementara bau yang di timbulkan dari buang angin ini berasal dari campuran hidrogen sulfida dan merkapturat, dan yang dimana campuran ini mengandung belerang. Jika mengonsumsi makanan yang jauh dari unsur-unsur tersebut, bau kentut akan tak berasa.

Lama nya bau buang angin tercium ke hidung orang lain tergantung dari kelembaban udara, temperatur sekitar, kecepatan angin, jarak antar manusia nya serta besar nya molekul yang di keluarkan. Namun, biasa nya waktu yang diperlukan rata-rata mencapai 15-30 detik.

Sementara itu, suara yang keluar pada saat buang angin dihasilkan dari getaran pada anus yang terbuka. Suara ini tergantung dari kesesakan otot, kecepatan perjalanan udara, dan juga campuran gas dan lemak tubuh. Jadi, kentut adalah proses yang sangat alami. Kentut Bukan aib, asalkan pada tempat dan waktu yang tepat, maka tidak akan menganggu dan bahkan menyehatkan, karena gas-gas yang di keluarkan itu memang bersifat racun.

3 Komentar

Filed under Kesehatan dan tubuh, lain-lain

3 responses to “Asal bunyi, bau, serta lama nya Buang angin atau Kentut

  1. moeza_bee

    teman aku buang angin terus sepanjangan, pakah itu sebuah penyakit ???

  2. moeza_bee

    kalo sering kentut, dosa tidak ?

  3. benabda

    moeza_bee :

    teman aku buang angin terus sepanjangan, pakah itu sebuah penyakit ???

    hehehe, seperti nya jika dilakukan di tempat yang tepat, tidak berdosa deh …
    selain itu, tidak ada hukum ny khan ???

Kasih komentar disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s