Sektor-sektor Pemerintah yang butuh perubahan


Di suatu negera, pasti ada Sektor sektor tertentu yang memang khusus dibuat untuk melayani dan menangani suatu masalah agar masyarakat dari negara itu sendiri dapat hidup lebih baik, tidak terkecuali negara kita Indonesia. Indonesia sendiri adalah salah satu negara yang penduduk nya memasuki urutan 5 besar sebagai negara dengan tingkat populasi penduduk nya paling tinggi di dunia. selain penduduk nya, indonesia juga di tunjang dengan jumlah daerah/wilayah yang memang berbanding lurus dengan jumlah penduduk nya.
Dengan jumlah penduduk dan wilayah yang jika dihitung bisa membuat decak kagum itu, maka wajarlah jika negara Garuda ini harus memiliki Sistem dan Sektor yang baik agar kehidupan masyarakat nya terus dapat saling berkesinambungan antar satu dengan yang lain.

Di negara kita sendiri Indonesia, juga memang telah terdapat sektor sektor yang memang dibuat untuk menunjang agar masyarakat nya hidup nyaman dan teratur. Sektor sektor itu memang sudah dibuat oleh Pemerintah sejak Zaman dulu, dan selalu di kembangkan agar bisa tetap bergandengan dengan kehidupan masyarakat Modern seperti sekarang ini. Tapi sayang nya, ada beberapa Sektor di negara kita *Khusus nya* yang walau memang sudah mengalami beberapa perubahan masih saja tetap tidak mampu untuk membuat masyarakat kita puas akan pelayanan yang telah di berikan.
Nah, berikut beberapa Sektor yang menjadi masalah masyarakat sehari-hari dan “kata nya” pemerintah cuma kasih janji-janji manis politik nya saja. Dan kali ini saya “cuma” akan membahas 5 Sektor di Indonesia yang memang “menurut saya masih butuh banyak sekali perubahan”.
berikut ke lima sektor tersebut adalah : 

Sektor Ekonomi

Bahaya kelaparan? …

“Dipulau Jawa yang subur dan kaya itu, bahaya kelaparan ? Ya, Saudara Pembaca. Beberapa tahun lalu ada distrik distrik yang seluruh penduduknya mati kelaparan, …ibu-ibu menjual anak-anak untuk makan, … ibu-ibu memakan anak nya sendiri”

(Multatuli, Max Havelaar, 1972 (asli 1860):64)

Ya. masih sama dengan tahun tahun sebelum nya, Indonesia masih belum berkembang pesat untuk menjauhkan masyarakat nya untuk sedikit demi sedikit menjauhi lembah kemiskinan. Tidak tahu kenapa, negara indonesia yang “kata nya” kaya akan Sumber Daya Alam yang tiada batas dan Sumber Daya Manusia yang juga tidak sedikit “masih” belum mampu untuk menjauhkan diri dari jerat kemiskinan. padahal “kata nya lagi” sudah beragam cara telah digunakan oleh pemerintah untuk menangani sektor Ekonomi ini, tetapi masih belum mampu mendongkrak tingkat pendapatan penduduk nya. 

Mengapa bisa begitu ? itu semua terjadi karena Cara yang digunakan pemerintah sekarang hanyalah untuk perbaikan ekonomi Jangka Panjang alias akan memperlihatkan hasil nya di saat yang akan datang, bukan sekarang.!

Memang, itu semua bukan karena kesalahan pemerintah kita sendiri, tetapi juga terdapat Andil besar dari Kebijakan Negara Maju. Karena mereka yang menentukan sistem perdagangan dan pasar Global.

Karena itulah, Pemerintah Negara Indonesia kita ini butuh suatu Gebrakan baru untuk membuat satu usaha baru agar masyarakat nya kembali bisa tersenyum. Dan, saya mengharapkan pendapat masyarakat tentang kehidupan di Indonesia yang mana mengatakan bahwa “Yang KAYA makin KAYA, yang MISKIN makin MISKIN” miris ! 

Sektor Pertanian dan Perkebunan
Indonesia adalah Negara Agraris. Itulah Kalimat yang telah di pelajari sejak di bangku Sekolah Dasar. ya, kalimat itu memang benar dan tidak akan ada yang menyangkal nya. Dari zaman kerajaan hingga zaman Globalisasi ini, salah satu kekuatan nasional Indonesia adalah Pertanian dan perkebunan. Dengan iklim Tropis yang sangat baik, maka wajarlah jika sektor pertanian dan perkebunan Indonesia “harus nya” maju. 
Dengan kwalitas iklim, tanah, dan suasana di Indonesia sendiri, maka wajarlah jika hasil pertanian dan perkebunan Indonesia memiliki kwalitas yang baik dengan berbagai hasil nya seperti beras, Umbi-umbian, dan lain lain *info lebih lanjut baca di sini*. Tapi, kenapa masih banyak masyarakat yang kekurangan Pangan ? bagaimana bisa itu terjadi ?
Pemerintah seharus nya pintar pintar mengolah bagian kekuatan nasional yang satu ini. kenapa ? karena sebagian masyarakat nya juga masih berpangku tangan dari hasil bertani dan berkebun nya. seharus nya, walaupun negara sudah mengalami Modernisasi, Kekuatan di bidang ini janganlah berkurang, malah harus di support. Tetapi tidak tahu kenapa juga, di sektor ini pemerintah juga telah berusaha untuk membantu perkembangan nya, seperti membantu cara penanaman yang baik serta pembagian bibit unggul, tetapi masih saja belum mampu berkembang lebih baik.
Sektor Pendidikan
 
Masyarakat harus menyelesaikan pendidikan nya minimal 9 tahun dan bisa Baca Tulis” tetapi nyata nya masih banyak masyarakat Indonesia belum merasakan nikmat nya ilmu formal ini. Jangankan di daerah daerah terpencil yang memang pemerintah “Agak” sulit memantau dan menjamah nya, di Ibukota dan distrik distrik lain nya pun masih ada. masih banyak anak-anak yang putus sekolah karena alasan utama nya adalah Tidak Punya Biaya !
Ya, tidak punya biaya. padahal, setiap tahun pemerintah sering berkoar koar tentang penyisihan biaya Pendidikan yang memang telah disediakan dan diambil dari dana APBN *bahkan ada yang dari APBD* yang dana nya tidak lah sedikit, dan dana itu selalu di keluarkan secara terus menerus. Tetapi kok masih belum cukup ? apakah Semahal itukah pendidikan di Indonesia ini ? -tidak tahu-
selain tentang “biaya“, masalah lain yang timbul di sektor pendidikan ini adalah sistem pendidikan yang jauh dari maksimal, contoh nya saja Ujian Nasional. Untuk apa di lakukan Ujian Nasional jika nilai yang didapatkan tidak Real ? kalo yang ini siapa yang salah ? seharus nya pemerintah bisa lebih jeli dan lebih tegas dalam menangani masalah ini.
Sektor Pertambangan dan Industri
Dengan Jumlah wilayah yang luas, tidak akan menutup kemungkinan jika Indonesia memiliki Harta Karun yang berjumlah sangat besar. mulai dari Hasil minyak mentah hingga logam mulia bertaburan. Istilah “Everywhere is Gold” memang tidak salah untuk Indonesia, tetapi kok masih belum mampu mendongkrak naik reputasi Indonesia di dunia ?
Harta Karun yang banyak itu, cuma di jual Indonesia kepada Investor/perusahaan asing dengan harga yang jauh dari seharus nya. Salah satu yang lagi Hits sekarang adalah perusahan Freeport. Perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan di daerah Timur Indonesia ini telah mengeruk untung super duper besar dari diri Indonesia, dan Indonesia mendapatkan apa ? mendekati NOTHING ! bahkan masyarakat lokal sekitar yang “kata nya” dijanjikan kehidupan yang layak dari hasil pertambangan itu cuma diberikan upah yang memang jauh dari hasil yang diharapkan. Jadi wajarlah jika masyarakat lokal menuntut hak mereka.
Selain Freeport, masih banyak juga perusahaan lain yang  mendapatkan keuntungan luar biasa dari bidang ini, dan hasil untuk Indonesia tidak jauh berbeda dengan yang diberikan oleh perusahaaan Freeport itu sendiri.
Seharus nya, Indonesia itu lah yang harus mengolah hasil kekayaan nya sendiri. kenapa, tidak bisa ?ya kalo tidak bisa, selesaikan dengan cara bertahap, seperti yang biasa dilakukan untuk jangka panjang.. dari pada di jual dan cuma mendapatkan secuil yang tidak berarti guna kesenangan sesaat, dan penderitaan yang amat sangat saat semua hasil telah habis . -saran- 
dibidang Industri pun tidak jauh berbeda. Indonesia itu seharus nya bisa berpikir agar hasil industri sendiri bisa bersaing dengan produk luar. Dengan jumlah SDM dan SDA yang bertumpuk, tidak menutup kemungkinan jika nanti nya Indonesia lah yang akan menjadi pengatur Pasar Global dunia. Yang kini yang harus dilakukan oleh Indonesia adalah, perbaiki sistem dalam pengolahan hasil industri itu sendiri.
Kesehatan
Kesehatan itu mahal ! -ya, itu benar. tapi untuk masyarakat miskin saja- Di dunia ini, seakan-akan memperlihatkan wajah nya bahwa sang Miskin itu tidak lebih dari hal yang tidak berguna. Padahal, mereka yang miskin itu juga kalo di suruh memilih, juga pasti tidak ingin menjadi orang miskin. tapi, apa boleh buat itu semua karena pemerintah yang memang kurang cekatan menangani masalah kemiskinan ini.
Pemerintah memang sudah berusaha memberikan pelayanan kesehatan pada manusia, tetapi terkadang pelayanan yang diberikan tidak merata, sehingga banyak yang seharus nya mendapatkan pelayanan kesehatan, malah tidak mendapatkan nya. Dengan layanan JamKesMas untuk masyarakat tidak mampu, memang sedikit menolong “beberapa” masyarakat saja. Tetapi tetap saja masih banyak masyarakat lain yang belum menikmati hasil nya. Padahal, dana yang di kuncurkan oleh pemerintah untuk sektor Kesehatan ini tidak sedikit, tetapi apakah masih kurang ? semahal itukan kesehatan di negara ini ?
Apakah dana dana yang diberikan oleh pemerintah ini untuk mempertegas tentang yang KAYA makin KAYA, yang MISKIN makin MISKIN ? siap yang tahu. karena itulah, Pemerintah juga diharapkan untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi untuk kesejahteraan masyarakat nya.
Akhir nya, itu semua adalah opini aku sendiri tentang sektor di Indonesia yang masih kurang dan jauh dari normal dan butuh perubahan. semoga bisa berguna, dan jika ada yang salah mohon maaf.
berikut, juga ada beberapa tambahan dari teman teman :
 



Rujukan :
pertambangan.info

5 Komentar

Filed under Indonesia, politik

5 responses to “Sektor-sektor Pemerintah yang butuh perubahan

  1. Kritis sekali… memang semua kebutuhan untuk menjadikan Indonesia sebagai pengendali pasar global, bisa dibilang tersedia semua.. Kecuali pengelolanya.. (menurut saya)

  2. wedew.. ini memang sulit sekali, masbro. kerjaan pemerintah memang gak ringan, tapi anehnya udah susah, eh nambah dikorup2 lagi

  3. halo boooon😀 setuju deh soal sektor kesehatan. masyarakat kalangan menengah ke bawah sering dipandang sebelah mata.. dan tambahan, harusnya pemerintah ngasih fasilitas sosial buat kalangan yang gak mampu, semisal ambulance gratis gitu.. miris pernah ada berita "bapak mengangkut mayat anaknya pake gerobak" dan semoga yang peduli bukan cuma pemerintah aja sih.. tapi sesama jugaaa😀

  4. @arinaldi : iyoi masbro. saya kritis karena terkadang rakyat kasta bawah yang kena dampak tertinggi nya ~@rusydi : sangat sulit. pemerintah kita padahal sudah melakukan berbagai cara yang seharus nya mungkin bisa mendongkrak, tetapi hasil nya masih kurang ~korupsi memang masih menjadi momok indonesia @Mega : iya setuju. memang miris bener. masalah ambulance itu memang sebenar nya masalah yang sepele, dan sudah ada beberapa rumah sakit yang menyediakan nya, tetapi aneh nya, tidak semua masyarakat bisa menggunkan nya, padahal itu ambulance gratis. ~

  5. Betul banget bang abda, negara Indonesia itu sengaja dibuat oleh para2 penguasa dunia untuk tetap miskin, bagaimana tidak, kalo negara kita menjadi maju, kita tak perlu sumber daya alam dari negara lain, bahkan mungkin gak perlu impor2 lagi, mereka2 takut kalo indonesia kelak menjadi negara adidaya😀

Kasih komentar disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s