(Buta Warna) Mata tidak bisa melihat pelangi?


sebelum nya, silakan donwload aplikasi nya disini !

Gen Pembawa Kelainan buta warna

Gen Pembawa Kelainan buta warna

Kalian tahu kan fungsi utama Mata ? bagus. Mata adalah salah satu Indra yang terpenting yang dimiliki suatu mahluk hidup (khusus nya manusia) untuk menunjang kehidupan nya. Dengan mata, seseorang dapat melakukan berbagai sesuatu dan usaha deengan maksimal. Dengan mata, manusia bisa melihat keindahan panorama Pelangi yang diciptakan oleh sang ilahi.

Tapi disini saya hanya akan membahas tentang salah satu kelainan yang terdapat pada mata kita (bagi yang ingin mengetahui info lain tentang mata, klik disini) Salah satu kelainan yang terdapat pada mata adalah buta warna. Buta warna merupakan kelainan genetik / bawaan yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebaut sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X (lebih lanjut baca disini).

Hitam-Putih

Hitam-Putih

Buta warna itu terkadang tidak bisa melihat suatu warna (tergantung dengan jenis buta warna penderita). Dan untuk mengetahui bahwa dalam diri kita memiliki kelainan buta warna ini atau tidak, maka kita bisa melakukan tes kecil untuk mengetahui ini, salah satu nya dengan melakukan tes Ishihara. Tes ishihara adalah tes dimana si pasien diharuskan untuk melihat kumpulan suatu huruf atau angka yang terdapat pada suatu gambar yang terdiri dari berbagai warna. Jika pasien tidak bisa melihat angka atau huruf (bahkan gambar) dalam gambar tersebut, maka dapat dipastikan jika pasien tersebut menderita kelainan buta warna.

karena itulah, kali ini saya akan membagi satu aplikasi yang bisa membantu kalian untuk melakukan tes Ishihara tersebut. aplikasi nya bisa kalian Download disini. dengan menggunakan aplikasi ini, kalian bisa melakukan tes dengan mudah yaitu dengan cara sebagai berikut :

setelah mendownload aplikasi nya disini, maka tahap selanjut nya adalah kalian buka aplikasi tersebut hingga muncul gambar seperti ini :

Aplikasi Color Blind Text

Aplikasi Color Blind Text

di aplikasi ini, terdapat 3 pilihan yaitu, pilihan pertama :

Tes lengkap buta warna

Tes lengkap buta warna

Pilihan pertama ini, memungkinkan kita untuk melakukan tes dengan melihat angka atau huruf yang akan muncul pada kumpulan warna warna tersebut. Jika kalian mengetahui angka atau huruf yang terdapat pada kumpulan warna, maka kalian masukkan angka atau huruf tersebut *menggunakan keyboard) dalam Box yang sesuai dengan yang anda lihat, dan jika kalian tidak bisa melihat atau tidak mengetahui apa isi angka atau huruf yang terdapat dalam gambar tersebut, silakan ketik angka “0” lalu klik Cek. Lakukan hingga 38 kali percobaan, hingga akan muncul kotak dialog seperti :

Hasil Akhir

Hasil Akhir

Pada pilihan kedua kita tidak diberikan suatu tes untuk mengecek tentang kelainan buta warna, melainkan kita diberikan informasi mengenai keterangan-keterangan yang menyangkut gambar yang diajukan untuk mengetes kita saat tes kelainan buta warna tersebut.

Hasil

Hasil

Pada pilihan ketiga, kalian akan di berikan 4 kotak yang berisikan kumpulan warna yang mana akan menunjukan suatu gambar. Jika kalian melihat Isi gambar dari kumpulan warna tersebut, silakan kalian samakan dengan cara menyunting tabel disamping nya.

Soal

Soal

jika sudah, akan menghasilkan hasil yang berbeda. Jika kita melakukan nya dengan benar, maka akan muncul kotak dialog baru yang memberitahukan bahwa kita tidak buta warna. Tetapi jika kita melakukan nya dengan tidak serius (dengan kata lain, kita tidak bisa melihat gambar nya) maka akan muncul kotak dialog yang berbeda yang inti nya memberitahukan bahwa Kita menyunting jawaban secara asal, sehingga hasil tidak diberikan.

Hasil

Soal

Silakan mencoba, dan semoga kalian semua tidak menderita kelainan Buta Warna, serta Selalu sehat dari kelainan-kelainan mata lain nya. (amin).

22 Komentar

Filed under Kesehatan dan tubuh, Pendidikan

22 responses to “(Buta Warna) Mata tidak bisa melihat pelangi?

  1. whoaaa, mau nyobaaa aaaahhhh, nais post! :p

  2. waakkkzz…. aku udah pernah tes mata yang beneran maupun yang mainan..
    yg beneran dulu di dokter mana pas awal masuk kuliah,
    yang mainannya, kayak softwere di atas, persis banget. waktu lagi asyik2 konsentrasi, di soal akhir yang timbul gambar hantu ngesot.. aaaaaaaaaaa

    • benabda

      waktu masuk kuliah juga, saya dites buta warna. soal nya sama persis, beda nya soal nya pake buku.

      kalo soal game yang nyeremin itu memang ada. tapi yang ini, aplikasi yang serius kok.😀

  3. weeee good inpoh, ijin donwload😀

  4. hmm coba ga yah -__- takut buta warna wkwk

  5. Gue punya tuh software jailnya, pas level terakhir (yg bener-bener angkanya sulit dibaca) eh gue klik malah muncul muka kuntilanak ditambah lagi suara speker yg kenceng (tegang langsung)

  6. benabda

    @sukaartiinformation : hehehe, iya masbro. Saya juga pernah coba. tapi sebelum nya Speaker sudah “mode:on”😀

    @pandu : coba deh. Kena kelainan ini juga bukan berarti tidak bisa melakukan apa”😀

    @andaka : thanks masbro, iya silakaan

  7. r10

    banyak tokoh di film yg digambarkan buta warna tertentu, iya buta warna ga cuma buta warna hitam putih saja

  8. yg pertama jadi inget pelajaran biologi SMA tentang mutasi gen –“

  9. eh tapi keknya yang BW juga masih bisa lihat pelangi, cuma warnanya aja yang beda.:mrgreen:

  10. heiji

    w bw nieh ,
    Dah tau pas dr mu msuk smk negri ,
    Skrg ningung nyari kerja’a , tp ya sudahlah ini jalan Allah ,🙂
    Cma mau mluruskan , org buta warna bsa mlihat pelangi kok🙂 , hanya saja gag bsa menyebutkan warna*a ,
    Klo w pribadi , emank agag sulit kalo nghafal warna , hehehehehe ,
    Nama’a jg BW ,

    Salam kenal semua

  11. aku buta warna apa enggak pas di tes cuma bisa jawab 4 dari 6 , jadi kenapa dong

    • benabda

      mendingan periksa lebih lanjut ke dokter spesialis mata. Kelainan ini memang seperti nya nggak terlalu vital tetapi mungkin bisa berpengaruh dalam berkerja dan berkreasi nanti nya.

  12. Putri

    mau coba tapi bingung ._. takut buta warna.

  13. Leli Aryanti

    Apa buta warna parsial bisa di sembuhkan?

Kasih komentar disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s