Petak Umpet Ala “Sakura” (Jelangkung?)


Ini Hasil Copas, jadi silakan dinikmati saja

Boneka Jepang

Boneka Jepang

Anda pernah bermain Jelangkung? Ritual boneka kayu yang sarat akan kekuatan ghaib dimana para pemainnya mengundang roh untuk datang, setelah makhluk halus itu masuk pada benda tersebut biasanya pemain akan menanyakan hal-hal yang ingin diketahuinya. Itulah Jelangkung, permainan khas Indonesia yang diwariskan nenek moyang kita sejak dahulu kala. Namun Kali ini kami tidak membahas Jelangkung melainkan membahas ritual serupa tapi tak sama yang berasal dari negeri Sakura “Jepang”.

Ritual ini sebenarnya digunakan di Jepang untuk berkomunikasi dengan roh yang bergentayangan untuk berbagai keperluan, dan boneka digunakan sebagai pengganti tubuh manusia sebagai media.

    Penting: Segala apapun yang terjadi atas ritual ini adalah tanggung jawab Anda masing-masing secara pribadi.

Begini cara bermainnya:

Alat dan Bahan:

    – Sebuah boneka dengan bagian tubuh lengkap (kepala, 2 kaki dan 2 tangan)

    – Beras (secukupnya untuk mengisi boneka hingga penuh)

    – Jarum dan benang merah

    – Benda tajam (pisau, gunting, pecahan kaca juga boleh)

    – Secangkir penuh garam (usahakan garam alami)

    – Tempat sembunyi

Persiapan:

    – Keluarkan semua kapas dlm boneka, lalu masukkan beras hingga penuh

    – Potong sedikit kuku anda dan masukkan kedalam boneka bersama beras, lalu jahit boneka tsb dengan jarum dan benang merah.

    – Isi bak mandi dengan air.

    – Letakkan secangkir air garam ditempat bersembunyi.

    Mari masuk kebagian serunya;

Langkah-langkah:

    1. Beri nama boneka tersebut(apapun asal jangan nama anda sendiri)

    2. Ketika tepat pukul 3 pagi, katakan pada boneka “___(nama anda sendiri) yang pertama jaga.” tiga kali.

    3. Pergi ke kamar mandi dan letakkan boneka kedalam bak mandi yang berisi air.

    4. Matikan semua lampu dirumah, lalu pergi ke tempat anda bersembunyi dan nyalakan televisi*.

    5. Hitung dari satu sampai sepuluh dengan mata tertutup, lalu kembali ke kamar mandi dengan benda tajam.

    6. Ketika sudah sampai, katakan kepada boneka “Aku menemukanmu ___(nama boneka).” Lalu tusuk boneka tersebut dengan benda tajam.

    7. Setelah itu bilang “Kamu yang jaga berikutnya, ___(nama boneka).” dan letakkan kembali boneka ke bak mandi.

    8. Lari, sekali lagi lari menuju tempat bersembunyi dan bersembunyilah.

PENTING: JANGAN HENTIKAN RITUAL DITENGAH JALAN, RITUAL INI HARUS DILAKUKAN SAMPAI AKHIR!

Cara menyelesaikan:

    – Masukkan setengah air garam kedalam mulut ( jangan diminum )

    – Keluar dari tempat persembunyian dan cari boneka tadi ( Note: jika ritual ini berhasil, maka boneka itu tidak akan ada di kamar mandi )

    – Jika sudah ketemu, siram boneka tersebut dengan garam yang tersisa di cangkir, dan siram juga dengan air garam didalam mulut anda.

    – Katakan “Aku menang” tiga kali.

    Hal ini seharusnya mengakhiri ritual.
    Setelah semua selesai, keringkan dan bakar boneka tadi.

Hal penting lainnya:

    – Jangan keluar rumah sebelum ritual berakhir.

    – Matikan SEMUA lampu ketika ritual berjalan.

    – Tetap diam ketika bersembunyi

    – Ingat, jika anda tinggal bersama dengan orang lain, orang itu mungkin akan secara tidak langsung berpartisipasi dalam ritual ini.

    – Jangan teruskan ritual lebih dari satu atau 2 jam.

    – Untuk amannya, sebaiknya buka semua kunci didalam rumah, dan suruh beberapa teman untuk berjaga didekat rumah.

    – Usahakan membawa handphone ditangan kalau-kalau terjadi sesuatu.

    – Jika anda bersembunyi tanpa air garam kemungkinan anda akan bertemu dengan “sesuatu yang bergentayangan” di sekitar anda.

Keterangan lain:

1. Alasan kenapa harus menyalakan televisi ketika bersembunyi adalah karena televisi dapat berfungsi sebagai “radar” untuk mendeteksi kehadiran “sesuatu” disekitar.

Video ini menjelaskan apa yang terjadi ketika ritual sudah berjalan selama 40 menit.

Dapat dilihat bahwa suara TV itu berubah, berputar berulang-ulang seperti tape rusak.

2. Beras melambangkan isi tubuh manusia dan juga berperan untuk mengundang roh gentayangan.

3. Benang merah melambangkan aliran darah. Benang ini menyegel roh halus didalam boneka.

4. Dengan memutuskan benang, itu artinya anda merusak segel dan mengeluarkan roh yang terperangkap didalam boneka.

Berikut preview langsung warga jepang yang penasaran dan mempraktekan ritual ini, video via youtube:

Part 1:

Part 2:

Permainan ini keberadaannya serupa seperti permainan Jelangkung di Indonesia, banyak yang mempercayai hanya mitos belaka namun ada saja orang-orang yang beradrenalin tinggi yang memainkannya. Nah bila Anda cukup bernyali dan mencintai produk dalam negeri silahkan merasakan sensasi “Jelangkung” namun apabila suka yang impor boleh melirik yang satu ini. TRY AT YOUR OWN RISK!

Credit: DarkSign

26 Komentar

Filed under lain-lain, umum

26 responses to “Petak Umpet Ala “Sakura” (Jelangkung?)

  1. dwi

    seremnya gak nyante ! patut dicoba walau ribet banget !

  2. Ngeri banget.. ga mau nyobaaaa

    • benabda

      @emilia : haha. ntar aku mau coba ah. tapi lagi g ada teman buat nyoba bareng -_-

      @dwi : ribet sih kagak. cuma harus nyiapin barang nya wae. terus, main petak umpet nya sama kayak petak umpet biasa, kata nya. tapi gw belom nyoba -_-

  3. gue mau coba, kebetulan kosan angker disini
    tapi gak mau nyoba sendirian, teman gue pada penakut disini =_=

  4. patut dicoba nih, kopadaran main jelangkung asik kayaknya😮

  5. mau maen petak umpet aja ribet bener ye -__-” enakan juga petak umpet versi indo. hehehe. gak berani nyoba euh, ngeri liat pidionya :O

  6. kampret! dulu main jelangkung aja udah horor
    apalagi ini main petak umpet hiiiiiiiiiiiiii

    • benabda

      @ega : kalo jelangkung, main nye ditempat. kalo yang ini, asli petak umpet. yang ketahuan jaga.
      @beby : sebener nya kagak ribet, yang ribet itu ritual pemanggilan dan pelepasan Roh nye. -__- kalo main nye kaya biase aje.

  7. gimana cara nyari boneka, klo rumah dimatiin lampunya… -___-“

    • benabda

      main nya rada remang-remang gitu. mata bisa membiasakan situasi dan kondisi kok. Lampu dimatikan mungkin biar keadaan semakin mencekaam😮

  8. dulu waktu SD pernah, tapi ya namanya juga anak SD. Nggak pake jarum, benang, dll hehehe ^^

    • benabda

      serius pernah main yang kek gini?
      gimane rasa nye?

      sebener nye kalo main sih, kagak ada rasa takut takut nye. soal nye, boneka yang jadi “wadah” pake boneka yang lucu imut wae supaya nggak serem. -_- hahaha

  9. bacanya aja udah serem bangeet hiiih! tapi kenapa gak boleh dari 2 jam kalo boleh tau? >>lirik boneka di sudut tempat tidur

    • benabda

      kata nya, kalo lebih dari 2 jam signal kehadiran “mahluk lain” lebih “menggila”. karena itulah saat memainkan nya, televisi disarankan untuk dihidupkan. gelombang gambar televisi jika menangkap “gelombang aneh” akan menjadi tidak karuan. gitu lah kurang lebih -__-

  10. JIMMY TM

    kalo mau maen permainan ritual Jaelangkun gimana dan bgaimana mantranya ?

  11. pengen nyobak tapi serem nunggu kakak aku aja deh hehe

  12. ngaku2 Ryu

    saya klo main jelangkung udah pernah
    jadi akan ajak teman teman main yg satu ini

  13. waw menyeramkan gan, mksh atas info’x…

Kasih komentar disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s